Jumat, 20 April 2012

KLIRING

Kliring adalah transaksi yang dilakukan oleh bank yang satu ke bank yang lain dengan menggunakan BI sebagai perantara atau mediator. Warkat atau data keuangan elektronik yang digunakan bank dalam melakukan KLIRING  adalah alat pembayaran bukan tunai yang diatur dalam peraturan perundang-undangan atau ketentuan lain yang berlaku.

Sebagai contoh :

Tn Budi mempunyai giro pada Bank Siti, sedangkan Tn Anto mempunyai simpanan giro dan tabungan pada Bank Karman. Tn Budi ingin mengirim cek kepada Tn Anto sebesar Rp 10. 000. 000, yang menjadi permasalahan adalah Tn Budi dan Tn Anto mempunyai rekening di bank yang berbeda.untuk mengatasi masalah seperti ini maka BI hadir sebagai penghubung atau mediator antara bank tersebut. Bank Siti dalam hal ini mengirim surat kepada BI yang disebut nota debet keluar, karena yang mengeluarkan surat adalah bank Siti. Lalu BI mengirim kembali surat kepada Bank Karman yang disebut dengan nota debet masuk. Lalu BI akan metransfer uang cek tersebut kepada bank yang bersangkutan sehingga Tn Anto bisa mencairkanya di Bank Karman.

Contoh kasus 2:
Udin berdomisili di Jakarta ingin mengirim uang kepada saudaranya yang berada di Papua bernama Sapri. Udin menyimpan rekeningnya di Bank BNI sedangkan Sapri mempunyai rekening di Bank Daerah Papua. Sedangkan bank BNI tidak ada di Papua, dan di jakarta juga tidak ada Bank daerah Papua. Sedangkan kliring bisa terjadi juka disatu daerah terdapat bank ke dua bank tersebut. Maka yang harus dilakukan bank BNI adalah bank BNI harus menemukan daerah yang terdapat ke dua bank tersebut untuk melakukan kliring, sebagai contoh di bali terdapat kedua bang tersebut maka bank BNI akan mentransfer uangnya ke bank BNI yang ada di bali kemuadian bank BNI bali melakukan kliring pada bank daerah papua yang ada di bali. Maka dengan cara itu Sapri bisa menerima kiriman uang dari udin.

            Dari keterangan di atasa dapat ditarik kesimpulan bahwa kliring bisa terjadi apabila dilakukan beda bank, dan ada kantor bank yang berbeda berdomisili berdekatan.bank yang ingin melakukan kliring harus memiliki dana simpanan yang ada pada BI sebesar 8%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar